20 November 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Arang Jau Gambarkan Potensi dan Kebutuhan Pertanian Kongbeng


Arang Jau Gambarkan Potensi dan Kebutuhan Pertanian Kongbeng
Arang Jau. (Foto: Sukriadi)

KLIKSANGATTA.COM - Anggota DPRD Kabupaten Kutai Timur (Kutim) yang tergabung dalam Komisi A, Arang Jau, mendorong pertanian di wilayah Kecamatan Kongbeng.

Ditemui di Sekretariat DPRD Kutim, Arang Jau menyebutkan Kongbeng memiliki potensi pertanian yang baik sehingga mampu mendorong perekonomian masyarakat. Upaya percetakan sawah baru di sejumlah desa Kongbeng dengan bantuan pemerintah misalnya dapat dilakukan.

"Saya sebagai anggota legislator perwakilan daerah pemilihan empat mendorong dan menyarankan pemerintah daerah menambah percetakan sawah,karena saat ini para petani disana selalu berhasil sukses panen dengan hasil padi yang berkualitas dan memiaskan," ucap politisi senior Partai Golkar itu.

Lebih lanjut, Arang Jau juga memberikan saran terhadap pemerintah daerah melalui dinas terkait agar diberikan bantuan terhadap petani seperti benih atau bibit unggul, dan pupuk. Kemudian penting pula pengadaan alat pertanian di antaranya handtractor, mesin penggiling atau mesin panen.

Untuk menghasilkan kualitas padi yang lebih unggul dengan kualitas tinggi, banyak hal - hal yang harus diperhatikan seperti di wilayah Kutim termasuk provinsi Kaltim curah hujan ini tidak menentu waktunya karena berada dalam garis lintang khatulistiwa. “Sedangkan petani hanya mengandalkan air hujan,” sebutnya.

"Saya sarankan agar pemeritah maupun dinas terkait. Supaya semua wilayah atau daerah yang ada dikutim serta  memiliki lokasi persawahan agar membuat bendungan air, sehingga untuk membangunkan irigasi pengairan tidak adalagi kendala," jelasnya.

Ketika bendungan dan irigasi pengairan sudah maksimal, ia percaya apa yang menjadi keinginan pemerintah selama ini yakni Kutim sukses sebagai daerah swasembada pangan ke depan pasti akan tercapai,begitupun sebaliknya jika tidak dibangunkan kedua hal tadi kutim tidak akan sukses dalam swasembada pangan.

Kemudian, apabila sudah dibangunkan hal bendungan dan irigasi, para petani sawah pasti akan mengalami peningkatan ekonomi dan sudah barang tentu akan sejahtera.karena yang dulunya hanya menanam padi sekali setahun. “Setelah ada kedua hal tadi ditambah beberapa bantuan tadi masyarakat petani akan panen dua sampai tiga kali setahun,” kata Arang Jau. (*)

Reporter : Sukriadi    Editor : Andi Marta



Comments

comments


Komentar: 0