16 Agustus 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Ismunandar Launching Loket Zakat Ramadan 2018


Ismunandar Launching Loket Zakat Ramadan 2018
Bupati Kutim Ismunandar ketika membayar zakat penghasilan pada loket Baznas Kutim di Kantor Bupati Kutim, Kamis (24/5/2018). (Ist)

KLIKSANGATTA.COM - Bupati Kutai Timur (Kutim) Ismunandar me-launching Pembayaran Zakat Penghasilan bagi pegawai di jajaran Pemkab Kutim, di Ruang Meranti Kantor Bupati Bukit Pelangi, Kamis, 24 Mei 2018.

Kegiatan ini diprakarsai Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kutim dan dihadiri sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN), Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) serta perwakilan pengusaha, BUMD  dan BUMN.

Dalam arahanya, Ismu-sapaan Bupati Kutim menyerukan agar seluruh komponen yang ada untuk melakukan pembayaran zakat sebagai contoh bagi masyarakat. Pasalya selain perintah agama, zakat juga merupakan alternatif dalam mengurangi kemiskinan.

"Karena Baznas juga merupakan salah satu pendukung pemerintah dalam menanggulangi kemiskinan," ujarnya.

Ismu juga berpesan agar pengurus Baznas Kutim intens melakukan sosialisasi zakat ke perusahaan-perusahaan dengan pola jemput bola atau kerjasama managemen perusahaan.

Pasalnya, perusahaan yang mencari hidup di Kutim sudah sepatunya sakat dan kompensasi jenis lainnya juga dilakukan dan disalurkan di Kutim agar manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat setempat, sambung Ismu.

"Seperti perusahaan pertambangan dan perkebunan.  Buka juga gerai pembayaran di sana atau langsung kerja sama dengan manajemen perusahaan untuk pembayaran zakat," tuturnya.

Sementara, Ketua Baznas Kutim Harun Rasyid menjelaskan pembayaran zakat dan sedekah yang memiliki potensi besar sebagai salah satu solusi dan membantu pemerinah dalam mengentaskan kemiskinan.

Dengan begitu, lanjut dia, dukungan Bupati dan Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang diharapkan dapat meningkatkan penerimaan dana zakat, infaq dan shodaqoh dari kalangan ASN di Kutim  yang pada gilirannya kapasitas pentasharufan zakat kepada para mustahik juga lebih meluas dan maksimal.

"Karena zakat sebagai salah satu rukun Islam diutamakan untuk kesejahteraan fakir miskin yang merupakan mustahik," pungkasnya.

Sebagai informasi, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kutai Timur membuka gerai atau konter di sejumlah titik strategis di Kecamatan Sangatta Utara.

Dengan mengusung tema 'Kebangkitan Zakat', gerai ini diharapkan dapat melayani masyarakat Kutim lebih baik serta memberi kemudahan berzakat kepada kaum muslimin dan muslimat pada momen bulan suci Ramadhan 1439 H.

Adapun gerai atau lokasi konter layanan pemabayaran zakat Baznas Kutim di antaranya, Sangatta Trade Centre, Oval Mart. Town Hall Swarga Bara, Be One Top, Pos Polisi Jalan Pendidikan, depan Kantor MUI Kutim dan Pasar Induk Sangatta. (*)

Reporter : Imran R Sahara    Editor : Qadlie Fachruddin



Comments

comments


Komentar: 0