21 November 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

5 Ton Sampah Terkumpul dalam Aksi Lingkungan KNPI Kutim


5 Ton Sampah Terkumpul dalam Aksi Lingkungan KNPI Kutim
Sampah jadi Berkah, aksi pro lingkungan yang dihelat KNPI Kutim ini sukses melibatkan masyarakat dalam menghimpun sampah. (Ardan/KLIKSANGATTA)

KLIKSANGATTA.COM - Kegiatan “Sampah jadi Berkah” yang digelar Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesi (KNPI )Kabupaten Kutai Timur (Kutim) berhasil mengumpulkan sampah seberat 5 ton, Minggu 8 Juni 2018.

Sampah itu didapat dari 32 peserta yang mengikuti kegiatan lomba mengumpulkan sampah yang dibalut dengan tukar sampah dengan berkah  uang bagi para donator sampah.

“Sampah terkumpul  sebanyak 5 ton dari 32 peserta baik dari kelompok RT dan individu,” terang salahsatu panitia penyelenggara, Firmansyah.

Barang  bekas yang tidak terpakai dari para warga tersebut rencananya akan langsung dikelola kelompok bank sampah Kabupaten Kutim untuk dijual kepada pengepul sampah.

Warga yang ikut berpartisipasi mengumpul sampah  juga mengapresiasi kegiatan yang dicetus KNPI Kutim. Dikatakan, dengan adanya lomba mengumpulkan sampah dapat lebih meningkatkan kepedulian warga dalam hal pengelolaan sampah.

“Kegiatan seperti  ini sangat bagus, kita bisa mengajak warga untuk mengumpulkan sampah dirumah rumah, apalagi bisa menjadi berkah juga,” ungkap Masda, Ketua RT 40 Desa Swarga Bara , Kecamatan Sangatta Utara, Kutim.

Sementara itu Ketua Bank Sampah Kaabupaten Kutim Heny Apriani juga mengapresisi kegiatan tersebut dikatakan dengan turut sertanya Pemuda dalam kepedulian mengenai sampah , bisa lebih mempermudah program kegiatan bank sampah.

“Dengan adanya kegiatan ini akan lebih mempermudah program kami ke tingkat lebih bawah, ibaratnya masyarakat yang menciptakan sampah tapi yang menuntaskan masyarakat kembali,” tutur Heny.

Ke depannya, diharapkan kerjasama yang dibentuk dengan KNPI Kutim dapat mendorong masyarakat Kutim khususnya dalam menciptakan bang sampah di lingkungan masing-masing.

“Sejauh ini di tingkat RT baru ada 4 bang sampah, kedepanya kami harap di setiap RT yang ada di Kutim sudah memiliki bang samp[ah masing-masing.” Katanya. (*)

Reporter : Ardhan Ahmad    Editor : Qadlie Fachruddin



Comments

comments


Komentar: 0