17 Juli 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Tiga Raperda Kabupaten Kutim Disahkan


Tiga Raperda Kabupaten Kutim Disahkan
Wakil Ketua I DPRD Kutim Yulianus dan Bupati Kutim Ismunandar dalam Sidang Paripurna penetapan Raperda di Gedung DPRD Kutim. (Imran)

KLIKSANGATTA.COM - Tiga buah Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kutai Timur (Kutim) disepakati bersama antara pihak eksekutif dan legislatif menjadi Peraturan Daerah (Perda) dalam Sidang Paripurna XIII di Sekretariat DPRD Kutim, Selasa, 10 Juli 2018.

Tiga Raperda tersebut yakni, Retribusi Pelayanan Pelabuhan Pendaratan Ikan dan Penjualan Produksi Usaha Daerah pada Balai Benih Ikan, Lembaga Penyiaran Publik Lokal Radio Pemerintah Daerah Kutim dan TV Kutim, dan Perubahan atas Peraturan Daerah Kutim No 7 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Sebelum penandatanganan persetujuan bersama, fraksi-fraksi pendukung dewan dan pemerintah Kutim menyampaikan laporan dan pendapat akhir mengenai tiga Raperda tersebut. Persetujuan itu kemudian ditandatangani oleh Bupati Kutim Ismunandar dan Wakil Ketua I DPRD Kutim Yulianus Palangiran.

Dalam sambutannya, Bupati Kutim Ismunandar mengatakan kesepakatan bersama tiga Raperda untuk menjadi Perda itu merupakan persyaratan wajib yang harus dipenuhi sesuai dengan amanat undang-undang yang ada. Kesepakatan bersama juga sebagai cerminan dari hubungan kemitraan antara DPRD dan pemerintah daerah.

"Setelah melakukan proses administrasi dan sinkronisasi bersama antara pemerintah daerah dan DPRD serta biro hukum pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Baik berkaitan dengan legal drafting maupun materi muatan yang pada perinsipnya melahirkan pokok-pokok pembahasan pada rapat pleno antara DPRD dan pemerintah daerah sebagaimana dituangkan dalam laporan masing-masing pansus," ujarnya.

Dalam pembahasannya, lanjut dia, memperhatikan dinamika pembahasan antara tim pansus bersama tim pembahasan pemerintah daerah serta harmonisasi bersama dengan biro hukum pemerintah provinsi terdapat pokok kesepakatan bersama yang terus disempurnakan dalam raperda yaitu penyempurnaan judul konsideran dan ketentuan perundang-undangan terhadap penyusunan raperda serta menyempurnakan legal drafting dan materi pasal terhadap tiga raperda tersebut.

"Setelah mendengar laporan pansus dan persetujuan DPRD, saya selaku pimpinan daerah berpendapat bawa DPRD Kabupaten Kutai Timur telah memberikan persetujuan terhadap tiga buah Raperda untuk kemudian ditetapkan menjadi peraturan daerah," katanya.

Dikatakannya, penyusunan Raperda untuk ditetapkan menjadi Perda melalui pembahasan dan terdapat berbagai pandangan serta saran yang sangat konstruktif. Semua itu semata-mata cerminanan dari sebuah demokrasi demi tercapainya suatu peraturan daerah terbaik dan berkualitas.

"Semoga apa yang kita lakukan dan sepakati ini dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat Kabupaten Kutai Timur," tuturnya. (*).

Reporter : Imran R Sahara    Editor : Administrator



Comments

comments


Komentar: 0