17 Juli 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Warga 7 Desa Protes Perusahaan Tambang di Kaliorang


Warga 7 Desa Protes Perusahaan Tambang di Kaliorang
Aksi protes warga dari sejumlah desa di wilayah Kecamatan Kaliorang, Kutim, di PT KPP, Kamis (12/8/2018). (Imran R Sahara)

KLIKSANGATTA.COM - Ratusan massa yang berasal dari tujuh desa di Kecamatan Kaliorang, Kabupaten Kutai Timur, mendatangi lokasi hauling PT Kalimantan Prima Persada (KPP), Kamis, 12 Juli 2018 kemarin.

Aksi tersebut sebagai bentuk protes terhadap managemen perusahaan yang dinilai mengabaikan pemberdayaan tenaga kerja lokal.

Nico, salahsatu warga yang ikut dalam aksi itu, mengungkapkan akar utama persoalan yang membuat warga gerah adalah tidak adanya pekerja lokal yang dipekerjakan oleh perusahaan. Warga yang melamar sebagai pekerja tidak diterima.

"Karena SDM (Sumber Daya Manusia) kami tidak diserap maka kami turun, yang bekerja di perusahaan kebanyakan orang dari luar pulau," ujarnya.

Dikatakannya, mengakomodir tenaga kerja lokal merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan. Selain menyangkut kesejahteraan juga untuk menjaga hubungan baik antara perusahaan dengan warga sekitar.

"Karena itu warga harus diberikan kepastian terkait lapangan pekerjaan. Jangan hanya menjadi penonton saja di daerahnya sendiri," katanya.

Disebutkan, sempat ada audiensi antara perwakilan warga dengan managemen PT PPK dalam aksi tersebut. Namun, belum ada kesepakatan anatara kedua belah pihak.

"Tadi belum ada keputusan, jadi hari Selasa nanti kita nego lanjutan dan kami minta harus ada keputusan," tuturnya.

Sementara, Udin, salahsatu koordinator warga yang juga menjabat sebagai Ketua Laskar Merah Putih Kecematan Kaliorang menyatakan, sudah menyampaikan persolan tersebut kepada pemerintah desa setempat. Namun hal itu belum menyelesaikan persoalan. Selama aksi berlangsung hingga akhir, pihak PT KPP belum dapat dikonfirmasi.  (*)

Reporter : Imran R Sahara    Editor : Qadlie Fachruddin



Comments

comments


Komentar: 0