20 November 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

CSR Perusahaan Tambang di Teluk Pandan Dievaluasi


CSR Perusahaan Tambang di Teluk Pandan Dievaluasi
Rapat koordinasi dan evaluasi CSR sejumlah perusahaan pertambangan yang berlangsung di Kantor Bupati Kutim, Senin (13/8/2018). (Imran R Sahara)

KLIKSANGATTA.COM - Pemkab Kutai Timur (Kutim) menggelar Rapat Koordinasi dan Evaluasi CSR (Corporate Social Responsibility) wilayah Kecamatan Teluk Pandan di Ruang Arau Kantor Bupati Kutim, Bukit Pelangi, Senin, 13 Agustus 2018.

Kegiatan ini dihadiri tiga managemen perusahaan yang beroperasi di wilayah tersebut, yakni PT Indominco, PT Pama Persada dan PT Trust.

Bupati Kutim Ismunandar dalam kesempatan itu menyampaikan hak dan kewajiban perusahaan tambang yang beroperasi di wilayah Kecamatan Teluk Pandan. Dia menyebutkan, ada Rp 18 miliar dana CSR disalurkan oleh perusahaan untuk pembinaan wilayah sekitar tambang.

"Kawan-kawan kades harus tahu dan mengerti semuanya. Mengenal menajemen agar terjadi silahturahmi, pertemuan ini juga bertujuan untuk membuka komunikasi terhadap perusahaan," ujarnya.

Sementara, Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang dalam arahannya mengatakan, masyarakat Kecamatan Teluk Pandan harus mengetahui apa yang mereka dapatkan dengan keberadaan perusahaan tambang di wilayahnya. Seluruh perusahaan harus memiliki kontribusi yang jelas terhadap masyarakat setempat.

"Kita ingin pihak perusahaan bisa mengakomodir untuk pengembangan potensi masyarakat. Kita akan mencari solusi terbaik dari permasalahan yang ada disekitar wilayah tambang," tutur Kasmidi.

Dalam pertemuan yang dihadiri sejumlah kepala desa di Kecamatan Teluk Pandan pagi itu, pihak perusahaan terkait juga menyampaian presentasi seputar CSR masing-masing. PT Indominco yang diwakili Taryono misalnya, ia menjelaskan rencana program yang bersifat jangka panjang di antaranya berupa pengadaan air bersih seperti yang sekarang telah berjalan.

"Mohon bantuannya dari pihak terkait agar dapat berkomitmen untuk melakukan kerjasama," tuturnya. Untuk program CSR tahun 2017, lanjut dia, meliputi program pendidikan, kesehatan, pembangunan infrastruktur, perkebunan, penciptaan lapangan kerja baru atau pelatihan.

Sedangkan, Camat Teluk Pandan Amir dalam kesempatan itu menanggapi rencana program CSR tersebut. Dia mengatakan bagaimana membuat suatu pemahaman ataupun penjelasan tentang CSR di seluruh desa yang ada di wilayah Kecematan Teluk Pandan.

"Terkait CSR sudah ada dilaksanakan, tetapi perlu komunikasi intens terhadap pelaksanaan CSR. Yang terpenting adalah porsinya yang jelas," katanya.

Dia menambahkan, dari semua desa yang ada perlu diperjelas apa yang akan masuk dalam program CSR. "Hasil musrembang bisa disinergiskan dengan program CSR perusahaan," urai dia.

Tepat pukul 16.00 wita, giat rakor dan evaluasi terkait dengan pelaksanaan program CSR tersebut pun selesai. Para kades dalam acara itu berharap realisasi pelaksanaan CSR dimasing-masing bidang dan desa dapat dilakukan secara trasparansi termasuk meminta keadilan perusahaan dalam segi pemberdayaan tenaga kerja lokal. (*)

Reporter : Imran R Sahara    Editor : Qadlie Fachruddin



Comments

comments


Komentar: 0