17 Desember 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Bawaslu Rangkul Pemuda Daerah Jadi Pengawas Pemula


Bawaslu Rangkul Pemuda Daerah Jadi Pengawas Pemula
Para peserta pelatihan Akademi Pengawas Pemula yang dibentuk Bawaslu Kutim. (Imran R Sahara)

KLIKSANGATTA.COM - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) membentuk Akademi Pengawas Pemula (APP) dalam pelaksanaan Pemilihan Umum 2019.

Peserta APP yang terdiri dari kalangan mahasiswa, siswa dan awak media itu pun mengikuti sosialisasi di Sekretariat Bawaslu Kutim, Sangatta Utara, dari 24 hingga 25 September 2018.

Ketua Bawaslu Kutim, Andi Mappasiling mengatakan, peserta APP dibentuk bertujuan untuk membantu dalam pengawasan pemilu 2019. Hal ini merujuk pada undang undan nomor 7 Tahun 2017 tentang pengawas partisipatif.

"Pengawas partisipatif berdasarkan undang undang pemilu dengan melibatkan semua eleman masyarakat," ujarnya.

Selama dua hari di bulan ini, para peserta APP dalam sosialisai akan mendapatkan pemahan terkait dengan mekanisme pengawasan pemilu serta materi-materi seputar pengertian, dasar dan hakekat demokrasi. Kegiatan ini bertemakan "Kami Punya Idealisme, Kami Siap Menegakkan Keadilan Pemilu".

Selain itu, para peserta yang beranggotakan sedikitnya 27 orang itu juga dituntut untuk mampu mengidentisifikasi potensi pelanggaran atau kecurangan pemilu yang ada dilingungan sekitar. Mereka dinilai sebagai generasi independen yang tidak memihak terhadap kepentingan tertentu.

"Para peserta Akademi Pengawas Pemula telah dan akan terus dilatih terkait pelanggaran-pelanggaran Pemilu," tutur Andi.(*)

Reporter : Imran R Sahara    Editor : Qadlie Fachruddin



Comments

comments


Komentar: 0